Sarimbit Batik Terbaru Aksi Cinta Budaya Negeri

Kita telah mengenal batik sejak lama, tidak hanya untuk pergi ke acara pesta pernikahan dengan adat tertentu saja batik bahkan digunakan untuk seragam para PNS dan pejabat-pejabat pemerintah. Batik seringkali dianggap sebagai sebuah desain yang “ndeso” oleh beberapa golongan yang tidak menyukai salah satu budaya yang masih ada dan perlu kita lestarikan ini. Namun, di beberapa kota malah menggunakannya sebagai pelajaran tambahan, seperti Jogjakarta, Klaten dan Solo. Anak-anak SMK dituntut untuk dapat menghafal jenis batik dan bahkan membuat batik dengan desainnya sendiri. Seiring dengan perkembangan jaman, batik menjadi salah satu model kain yang menjadi seragam untuk perusahaan-perusahaan, hotel, guru, dan pejabat pemerintahan. Karena tren itu, sarimbit batik terbaru menjadi kostum yang elegan ketika menghadiri acara semi resmi.sarimbit batik terbaru_2

Sarimbit batik menjadi tren mode karena ternyata belakangan batik bisa dibuat baju dengan desain elegan ketika dipakai namun tetap tidak menghilangkan budaya negeri ini sendiri. Dulu mungkin batik hanya digunakan untuk para orang tua, namun kini bahkan dalam berbagai organisasi anak muda menggunakan batik sebagai seragamnya. Malu menggunakan batik berarti malu dengan budaya sendiri, dan ini tidak mencerminkan bukti kecintaan kita pada negeri ini. Pasangan muda saat ini juga sering menggunakan batik untuk seragam keluarga kecil mereka. Karena ternyata, kain batik sangat cocok dipakai untuk orang tua sampai anak kecil. Harga kain batik yang mahal, menjadikan seseorang semakin menghargai batik ini untuk memakainya hanya pada momen-moment penting saja.

Kesan “ndeso” yang di anggap oleh segolongan orang dapat dengan mudah kita hapus jika kita mampu mengolah bahan batik dengan pintar. Model batik Sarimbit saat ini memadukan dengan berbagai bahan yang mengangkat kesan natural tapi tetap glamour. Batik merupakan karya turun temurun dari nenek moyang yang saat ini mulai terangkat kembali. Istilah sarimbit digunakan untuk menamakan pakaian yang digunakan secara berpasangan, namun khusus untuk batik. Karena kita tidak bisa menggunakan kata sarimbit pada kaos pasangan yang biasa kita sebut couple atau kembar.

Sarimbit batik terbaru

Sarimbit batik terbaru bisa kita buat dengan model gamis untuk para muslimah, kebaya modern untuk para pecinta kebaya, atau bagus juga di potong dengan model dress modern atau sekedar blues saja. Sentuhan desain yang sederhana pada kain batik tetapi akan membuat penampilan Anda mewah jika dibarengi dengan corak yang sama untuk pasangan Anda. Sarimbit sendiri ada yang terjual dengan bentuk baju sehingga kita tinggal pakai, namun ada juga yang masih dalam bentuk bahan. Jadi kita bisa mendesain baju batik kita sesuai dengan selera dan model terkini sehingga tidak ketinggalan jaman.


Motif batik Sarimbit sendiri tergantung pada daerah mana batik berasal. Umumnya, setiap wilayah di Indonesia memiliki seni batik dengan corak yang berbeda-beda. Kalimantan, NTT, hingga Jawa memiliki corak yang berbeda sehingga belum diketahui secara pasti dari mana sebenarnya batik berasal. Di pulau Jawa sendiri kaya akan karya batik yang masih dilestarikan hingga saat ini. Solo, Klaten, dan Jogja adalah satu wilayah yang sangat berdekatan, jaraknya bisa ditempuh kurang dari tiga jam, namun masing-masing daerah ini memiki ciri khas batiknya masing-masing. Batik Klaten misalnya, sering kita sebut dengan batik lurik juga mengeluarkan sarimbitnya untuk menarik perhatian masyarakat.

Batik yang dulunya hampir hilang kini terangkat kembali berkat upaya para pengrajin dengan mahakaryanya. Sarimbit batik saat ini mengangkat corak sama namun dengan warna yang berbeda. Biasanya batik sarimbit batik terbaru menggunakan corak sama dengan warna yang sama pula. Namun karena terkadang selera warna pasangan berbeda, jadi dipilihlah warna berbeda untuk tetap memberikan kepuasan pada pelanggan.



Sarimbit Batik Terbaru Aksi Cinta Budaya Negeri | cw | 4.5

Support us!

If you like this site please help and make click on any of these buttons!